Perbedaan everyday vs every day

Hai Sobat Blog 99 TOEFL, Admin blog akan memberikan informasi penggunaan Everyday vs Every day. Apa sih perbedaan dari keduanya?? Saya yakin kalian pernah melihat phrase ini di soal soal tenses atau artikel bahasa Inggris. Ya penggunaannya kadang membingungkan karean terlihat sama dan maknya pun sama. 

Everyday

Kata "everyday" ditulis tanpa spasi, tergolong jenis kata sifat. kata sifat atau adjective berfungsi untuk menjelaskan kata benda. Bagaimana sih kata benda tersebut?? kata "everyday" bermakna setiap hari. So, kata everyday ini akan disandingkan dengan kata benda yang nantinya kata benda tersebut bermakna sesuatu hal yang bersifat setiap hari. penempatan kata sifat untuk mendeskripsikan kata benda adalah tepat sebelum benda yang dijelaskan.
( Adj + Noun ). Perhatikan contoh dibawah ini:
  • My everyday activity is really interesting. ( Aktivitas setiap hari saya sangat menyenangkan). kata everyday menjelaskan kata benda activity.  
  • Everyday crime is a big problem for many cities. 
  • Everyday exercises do not make your body weak. 

Every day

Kata " Every day " terbentuk dari kata sifat "every" dan kata benda "day" yang memiliki makna tiap tiap hari. dalam bahasa inggris, Every day difungsikan sebagai keterangan ( Adverb of time ). Keterangan every day bisanya digunakan dalam tenses simple present yang menunjukkan aktivitas tersebut dilakukan berulang - ulang di setiap harinya. Senin, Selasa dst. Penempatan adverb Every day dapat diletakkan diawal/akhir kalimat. Perhatikan contoh berikut ini:
Every day John goes to market to buy Vegetable. ( Setiap hari John pergi ke pasar untuk membeli sayuran ). John melakukan kegitannya diulang setiap harinya.

Bonus 1: Anyday or Any day?

Any day lebih sering kita jumpai didalam writing, arti dari kata any day adalah hari apapun yang kontek waktunya Umum, kita tidak tau jam berapa atau hari apa. kalau dalam bahasa indonesia mungkin makanaya "terserah hari apa ". Kata any day juga kadang disandingkan dengan kata now : any day now yang bermakna sesuatu diharapkan terjadi sebentar lagi/ segera/secepatnya. 
Bagaiaman dengan Anyday tanpa spasi, menurut dictionary*com tidak ada kata anyday, menandakan kata tersebut salah dalam penulisan sehingga ketika kalian menulis Anyday , tool grammar checker akan menginformasikan bahwa kata tersebut typo atau salah penulisan. 
"every day atau everyday", "apa perbedaan everyday dan every day", "anyday atau any day", "arti kata any day everyday dan every day"

Any day juga bisa bermakna setiap hari jika disandingkan dengan kata of the week = any day of the week bermakna setiap hari. I eat rice any day of the week.
Jadi kesimpulannhya adalah Any day lebih sering digunakan dalam konteks menulis dan Anyday tanpa spasi, dikatakan salah penulisan dalam kamus bahasa inggris. untuk penggunannya mungkin tergantung si penulis namun agar lebih aman kita bisa guanakan kata any day ( ditulis dengan spasi ).

Bonus 2 : Any time atau Anytime

kadang penulisan penulisan yang mirip namun ditulis berbeda dalam penggabungannya membingungkan kita sebagai non native english speaker. Ini dikarenakan kita tidak pernah memastikan dan mendalami materi tersebut dikarenakan itu adalah hal yang bukan menjadi poin utama belajar bahasa inggris khsusnya Grammar. 
Any time merupakan sebuah phrase benda yang terbentu dari kata sifat Any dan kata benda time , yang mana kata ini menunjukkan jumlah waktu. daslam bahasa indonesia bermakna kapanpun/kapan saja/terserah kamu kapan bisa. jadi waktu yang diberitahukan bersifat umum, tidak jelas kapan pastinya. Penggunaan kata any time biasanya diguanakn sebagai keterangan waktu /adverb dengan menambah kan preposisi at = at any time. menurut grammarly kata ini adalah diguanakan sejak lama dalam bentuk penulisan formal/writing. Any time juga bisa diguanakan selayaknya kata benda seperti I will not have any time to do this job until next week. ( Saya tidak akan memiliki waktu kapan saja untuk mengerjakan tugas ini sampai minggu depan ) any time digunakan sebagai objek kata kerja have yang maksudnya adalah saya tidak punya waktu sedikitpun, dihari apapun. ( tidak ada kesempatan mengerjakan tugas di hari apaun sampai mingggu depan ). 
So, Kesimpulan penggunaan  Any time : 
  • Bisa berupa phrase benda yang bisa digunakan selakyaknya kata benda pada umumnya . I have any time in this week.  
  • Bisa berfungsi sebagai keterangan yang bermakna kapanpun/kapan saja dengan menambahkan preposisi "At" sebelumnya. Please call me at any time.
Bagaiaman dengan Anytime?? Anytime meruapakan kata baru yang muncul sekitar puluhan tahun yang lalu ( according to Merriam-Webster’s dictionary ).  Anytime berfungsi sebagai kata keterangan waktu yang bermakna kapan saja/kapanpun. jadi, anytime = at any time. kita bisa gunakan kata "anytime" selayaknya kata keterangan yang lain, seperti penggunaan adverb dalam present tenses; usully, alwyas. Please call me anytime. ( kamu bisa menghubungi saya kapan saja ).
You can come to my house anytime. Umumnya penempatan kata keterangan bisa diamana saja dalam kalimat ( awal / belakang ).

Persamaan Any time dan Anytime

Dua kata tersebut dapat juga diguanakan sebagai adver clause connector / Conunction ( Penghubung Independent dan Dependent Clasue

Anytime the sun went down, we’d go for a night-swim. ( Reference Grammarly ( dot) com )
Any time the sun went down, we’d go for a night-swim. ( Reference Grammarly (dot) com )
Dua contoh diatas tidak memiliki perbedaan arti. 
Sekian materi kita tentang penggunan dan perbedaan Everyday vs Every day beserta bonus materu yang lain yang membahas Any day, Anyday , Any time dan Anytime. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa berkomentar ya jika ada hal yang ingin ditanyakan. 

Comments