Penjelasan dan Penggunaan be going to, be about to, will beserta contoh

Materi dan Penjelasan "be going to", "be about to", "will".

     Materi tentang "be going to", "be about to", dan "will" terkadang sulit dipahami bagi sebagain siswa yang pemahaman tenses nya kurang. Dalam soal - soal bahasa inggris, khususnya Tenses dan TBI PKN STAN penggunaan dan fungsi dari ketiganya kadang membuat siswa bingung dan tidak yakin untuk mengerjakan soal tersebut padahal materi ini sangatlah mudah jika kalian benar-benar meperhatikan penggunaan serta perbedaan dari ketiganya. Oleh karena itu postingan ini akan membahas materi dan menjelaskan apa fungsi, perbedaan, dan juga persamaan dari "be going to", "be about to", dan "will". 
Baca juga: Penjelasan dan Fungsi Simple Future 

Penjelasan"Be going to"

     "Be going to" Adalah phrase khsusus dalam bahasa inggris yang digunakan untuk berbicara hal di masa depan ( Future ). sekilas kita perhatikan be going to seperti tenses present continuous, yang sama-sama berakhiran v1 ing. Namun dalam fungsinya ternyata berbeda. untuk kejelasan fungsi dari present continuous silahkan baca pengertian dan Fungsi Present continuous
Be going to memiliki makna "akan" sama artinya dengan "will". kata "be" dapat dirubah menjadi ( Is, am, are ) tergantung subjek yang digunakan. kata setelah "to" harus diikuti dengan v1 murni atau 'be' saja. sehingga akan seperti ini ketika dirangkai menjadi kalimat. perhatikan contoh kalimat dengan be going to dibawah ini:
  1. I am going to buy a new handphone.
  2. They are going to visit my house tomorrow.
  3. My uncle is going to visit me next week.
  4. She is going to be here.
     "be" setelah "to" hanya karna kata stelahnya bukan kata kerja tindakan melainkan kata keterangan yaitu "here". jadi kalian tidak bisa langsung menempatkan kata here setelah "to" karena pada dasarnya kata setelah to harus v1. She is going to be here bukan she is going to here

Penggunaan / Fungsi "be going to"

1. Untuk menyatakan sebuah rencana. yang sebelumnya sudah di putuskan, sehingga orang tersebut akan melakukan apa yang di niatkan beberapa saat setelah berbicara. 'be going to" disini bermakna "berencana"/"berniat". 

John memiliki seorang adik perempuan, dan minggu depan dia , adiknya akan merayakan ulang tahun, John sudah berjanji bahwa dia akan memberikan sebuah hadian berupa hp baru kepada adiknya sehingga john berencana membeli hp sebagai hadiah ulang tahun adiknya.
John is going to buy a new hp as a birthday gift for his younger sister. ( Berniat / berencana ).
John is going to be a professional singer when he finishes his studies. 

2. Untuk menyatakan sebuah prediksi dimana pembicara sudah memiliki alasan bahwa hal tersebut dipastikan bisa terjadi. 

Melihat sistuasi sekarang ini akan coroan virus yang makin merebak luas diseluruh dunia menyebabkan berbagai macam problema, dibidang ekonomi menyebabkan tingkat penjulasan menurun. sehingga pengamat dapat mengatakan; The companies are going to fire their worker if life has not yet returned to normal. 

3. Sebagai kalimat perintah, ketika hal tersebut adalah sebuah kewajiban misal Ibu menyruh kepada anaknya.

You are going to pick up your toys!. Look, the room is a mess. ( Seorang anak diperintah oleh ibunya untuk membereskan mainannya karena ruangan sangat berantakan ). 
Note : going to kadang di ganti dengan gonna dalam kontek informal seperti speaking atau lirik lagu. i am going to meet you tomorrow menjadi i am gonna meet you tomorrow. 

3. Untuk menyatakan sebuah hal yang akan terjadi sesegera mungkin.
Get back now! The bomb is going to explode

Penjelasan will

     "Will" secara garis besar memiliki fungsi untuk menyatakan hal di masa depan. begitu pula dengan be going to digunakan untuk membicarakan hal di masa depan, namun dalam fungsinya ada perbedaan tergantung bagaiamana maksud si pembicara. Bagaimana penggunaan "will" akan dibahas secra mendetail sehingga kalian bisa memahami persamaan maupun perbedaan keduanya. Will digunakan dalam tenses Simple future , dan Future continuous bagi kalian yang belum membaca materi tersebut silahkan cek postingannya. 

Penggunaan / Fungsi Will

1. Untuk menyatakan sebuah hal yang akan dilukan secara spontan/ kerelaan.

A: I feel really thirsty.
B: I will buy juice for you, wait for a moment. ( Spontan akan membeli karena spontan dengan hal tersebut ) 

2. Untuk menyatakan prediksi 
The sky is really dark. I think it will rain soon.

3. Sebagai ungkpan tawaran 
Your bag is heavy, Sir. I will help you to bring it. 

4. Menyatakan janji
A: Hi, you know that I am going to celebrate my birthday party tomorrow morning. I hope you can come. 
B : Yes, sure. I will come there.

Note : Persamaan will dan be going to dapat digunakan untuk menytakan prediksi sehingga kita bisa mengatakan : The sky is so dark. I think it will rain or I think it is going to rain.

Penggunaan "Be about to"

     "be about to" memiliki fungsi untuk menyatakan sebuah kejadian yang akan terjadi atau di lakukan sesegera mungkin( beberapa detik / menit akan terjadi/dilakukan) . jadi bisa dimaknai "akan segera" dimana ini hampir mirip dengan will / be going to namun tak ada prediksi atau perencanaan. kata be diganti dengan ( is am are / was were / dan bisa ditambahkan will sebelum "be" tergantung tenses yang akan di gunakan.

Be about to dalam simple present / Simple Past / Simple Future

I am about to have lunch. would you like to join me? 
We arrived at the office just as the meeting was about to begin. 
I have bought a train ticket. I will be about to leave a few hours later 

Kata keterangan "just" juga dapat ditambah kan setelah to be / be: I am about to have lunch.

     Nah itulah Penjelasan mengenai penggunaan "be going to", "be about to", dan " will" semoga materi ini dapat bermanfaat untuk kita bersama dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika masih ada pembhasan yang kurang dipahami. Silahkan baca kembali contoh-contoh kalimat dari penggunaan be going to , be about to, dan will jika masih belum paham,

Comments