Penggunaan Kata "as" dan contohnya

Kata "as" memiliki beberapa rule penggunaan. Postingan ini akan membahas Penggunaan kata "As" secara detail agar kalian paham dan menambah pengetahuan anda dalam materi Grammar.

"As" sebagai Conjunction

"As" dapat berfungsi sebagai penghubung kalimat yang bermakna Ketika/pada saat yang bersamaan. dalam Materi tenses terkadang soal akan menguji pemahaman kalian untuk menerapkan Tenses yang sesuai antara kalimat yang satu dengan yang lainnya. Penggunaan kata "As" sebagai Conjunction biasanya digunakan untuk menghubungkan kalimat dalam dunia lampau. 

"As" digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang terjadi pada saat yang sama. perhatikan contoh berikut ini;

Simple past As Simple past

We all waved goodbye to John as He drove away ( Kita semua melambai kepada John dan pada saat itu pula dia melaju pergi ). Pada contoh diatas kita melambai kepada John, dan seketika itu pula pada saat bersamaan dia melajukan mobilnya. 
Untuk tenses yang digunakan disini menggunakan tenses simple past tense.
As I walked along the street, I looked in the shop window. ( Ketika saya berjalan menyusuri jalan, Saya melihat ke jendela toko ), Saya berjalan dan pada saat yang sama saya menoleh melihat kearah jendela toko.
Note : "As" juga bisa diletakkan diawal kalimat, dengan catatan memunculkan koma setelah kalimat kedua selesai.
Baca Juga : Penjelasan klausa Independent dan Dependent

"As" digunakan untuk menghubungkan dua kejadian yang salah satunya sedang berlangsung dimasa lampau. 

Simple past As Past Continuous 
I slipped As I was getting off the bus ( Saya tergelincir pas saya sedang turun dari Bus )
As I was getting off the bus, I slipped
Kejadian tersebut terjadi bersamaan dimana Saya sedang turun dan ketika itu juga saya tergelincir.
I met John As I was walking on the street. ( Saya berpapasan dengan John ketika saya sedang berjalan )
So, Kejadian ini dapat disimpulkan bahwa ada kegiatan yang terjadi terlebih dulu dan dijeda oleh kejadian lain pada saat yang sama. Tenses Past continuous memberitahukan bahwa kejadian tersebut terjadi terlebih dahulu, dan dijeda atau disusul oleh kejadian lain pada saat yang sama.

"Just As" Pada saat ketika

Just as I sat down, the bell rang. ( tepat pada saat saya duduk , Bell berbunyi ) 
bayangkan kalian berangkat ke sekolah dengan sepeda, ketika anda masuk gerbang terus bell berbunyi. saya yakin pernah mengalami hal demikian. itulah artinya Just as. "Just as" mengandung arti kejadian tersebut terjadi pada saat yang sama, ada satu kejadian terjadi di sisi lain juga ada kejadian terjadi. 

"As" Bermakna Akibat- Alasan/Sebab

"As" Sebagai Conjunction juga bisa digunakan untuk mengekspresikan dua kejadian yang bermakna Akibat - Sebab. Satu kejadian terjadi dikarenakan oleh dampak dari kejadian lainnya.
I went to bed at 9 Pm As I had a train to catch at 6 Am. ( Saya pergi tidur jam 9 malam karena saya harus naik kereta jam 6 pagi ). Pada contoh kalimat diatas dapat kita pahami bahwa ada alasan atau akibat yang ditimbulkan oleh hal lain. Saya memiliki alasan untuk pergi tidur lebih awal dikarenakan saya harus naik kereta pagi2 pada jam 6.  

"As" Sebagai Preposition

As sebagai preposisi diikuti dengan kata benda, dimana "As" berarti "sebagai". ( merujuk ke peran atau tujuan dari kata benda/orang tersebut.
I work as a teacher ( Saya bekerja sebagai seorang guru )
The Jakarta Post points john as its editor. ( Perusahaan majalah "jakarta Post" menunjuk John sebagai editornya )

Itulah Penggunaan beberapa kata "As" beserta contohnya, dalam postingan ini memberikan beberapa fungsi dari kata "As" yang memiliki Fungsi Conjunction dan Juga Preposition , semoga postingan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar.

Comments