Penggunaan do, does,did

Materi Grammar Bahasa Inggris sangatlah komplek. banyak hal yang bisa kita pelajari dalam materi tata bahasa inggris. salah satu materi yang cukup membingungkan siswa adalah bagaimana penggunaan do,does dan did dengan tepat. Postingan ini akan mengulas materi do/does/did dengan contoh kalimat agar kalian dapat dengan jelas memahami penggunaannya dengan tepat. Materi ini sangat penting karena sering muncul dalam tes TOEFL

Apa itu do/does/did???

Do,Does, dan Did secara umum adalah kata kerja yang memiliki makna melakukan atau mengerjakan. namun dalam hal lain kata kerja ini juga bisa digunakan sebagai kata kerja bantu atau Auxiliary verb untuk membantu kata kerja lain dalam membuat kalimat negative atau kalimat pertanyaan. untuk lebih jelasnya mari kita pelajari fungsinya satu demi satu.
Baca Juga : Materi Noun Clause Pola 1

Sebagai kata kerja utama 

Kata kerja Do, Does, dan Did bisa digunakan sebagai kata kerja utama dalam Kalimat yang artinya melakukan atau mengerjakan. Kata kerja ini dapat berubah sesuai dengan Tenses yang digunakan. 
Tenses simple present dan Simple past merupakan aturan untuk membuat kalimat, penggunaan verb untuk tenses ini juga berbeda.
Baca Juga : Materi Noun Clause Pola 2
Simple present : S + V1/ V1 s/es + O + Adverb

V1 digunakan untuk subjek I, you, we, dan They sedangkan v1 + s/es digunakan untuk subjek He, She, dan It. Jika kalian ingin membuat kalimat dengan tenses simple present , perhatikan subjek yang digunakan, karena nanti ada perubahan kata kerja v1 yang murni atau v1 ditambahkan "S/ES".
Mari kita gunakan kata kerja do dan does dalam kalimat.
I do the homework given by my teacher. ( Saya mengerjakan PR yang diberikan oleh Guru saya )
John does the homework given by his teacher. ( John mengerjakan PR yang diberikan oleh Gurunya )
Kata yang saya garis bawah adalah kata kerja utama dimana kata kerja tersebut berubah sesuai dengan subjek yang digunakan. dua kata kerja itu tidak memiliki perbedaan dalam artinya. sama sama memiliki makan mengerjakan.
Kesimpulan penggunaan do dan does adalah ketika kata tersebut digunakan sebagai kata kerja utama kalimat maka kata kerja tersebut memiliki arti mengerjakan atau melakukan dan perbedaan do atau does ditentukan dari subjek yang digunakan.
Baca Juga : Penggunaan That Clause dengan kata sifat
Simple past : S + v2 + O + Adverb
Untuk tenses simple past kata kerja do harus dirubah ke kata kerja kedua yaitu did, dimana tenses ini untuk memberitahukan kegiatan yang dilakukan pada masa lampau. sehingga kalimatnya akan menjadi seperti berikut ini;
John did the homework yesterday. ( John mengerjakan PR kemarin )
khsus untuk kata kerja "did" bisa digunakan untuk semua subjek ( I, you, we, they, he, she, it ).
Mari kita belajar fungsi yang lain dari kata Do, Does, Did.

Sebagai Auxiliary Verb ( Kata kerja bantu )

Do, does, dan did dapat berfungsi sebagai kata kerja bantu untuk membuat kalimat menyangkal ( Negative ), dan kalimat tanya ( Interrogative ). Bagaiamana cara membuatnya. 

Simple present 

( - ) S + do/does not + V1 + O + Adverb 
( ? ) do/does + S + v1 + O + Adverb?

Contoh : I do not go to school. John does not go to school. 
Do you go to school?. does John go to school? 
Penggunaan do atau does hanya terletak pada subjek yang digunakan seperti yang sudah dijelaskan diatas.
kata do/does tidak memiliki makna, karena do dan does hanya berfungsi sebagai kata kerja pembantu. 

Simple past 

( - ) S + did not + v1 + O + Adverb
( ? ) did + S + v1 + O + Adverb?

Contoh: I did not go to school yesterday. John did not go to school yesterday.
Did you go to school yesterday?. did John go to school yesterday?
Perlu diperhatikan untuk Did bisa digunakan untuk semua subjek namun kata kerja utama harus kembali ke v1 murni, meskipun aktivitasnya menunjukan lampau. so, itulah penggunaan kata Do, Does, dan Did. 

Note : do not dapat disingkat don't, does not dapat disingkat doesn't, did not dapat disingkat didn't. penyingkatan ini umumnya dalam speaking. itulah bagaimana menggunakan do , does dan did didalam kalimat beserta contohnya. jika kalian ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis dikolom komentar. Semoga bermanfaat.

Comments