Noun Clause Pola 2

Hai semua, Postingan kali ini akan membahas materi tentang Noun Clause Pola 2, dan postingan sebelumnya sudah saya bahas materi Noun Clause pola 1 beserta contoh dan juga soal. Noun Clause sangat penting untuk dipelajari karena nanti akan muncul di soal Structure TOEFL. Bagi kalian yang belum paham dengan klausa, ada baiknya baca kembali postingan saya yang membahas materi Independent dan Dependent Clasue
Seperti yang sudah kita pelajar, Noun Clause adalah anak kalimat sebagai pengganti Noun sehingga bisa dijadika subjek dan juga objek. Untuk selengkapnya mari kita bahas Noun Clause Pola 2 dengan detail. 

Pengertian Noun Clause

Adalah Dependent clause ( anak kalimat )  yang difungsikan sebagai kata benda, sehingga bisa menggantikan Subjek dan Objek kalimat. Jelas dari namanya bahwa Noun Clause adalah anak kalimat pengganti benda, kenapa bisa demikian?? Noun merupakan kata benda yang secara umum menunjukkan orang, tempat, hewan, dan benda itu sendiri namun kata benda juga bisa terbuat dari hal lain seperti Gerund, to infinitif dan juga anak kalimat / klausa. 
Bagaimana cara membuat Anak kalimat Noun ( Noun Clause ). Pola Noun Clause ada dua : dan kita sudah belajar pola 1.

Noun Clause Pola 2

Conjunction + V + O/K
Conjunction yang bisa digunakan untuk pola 2 : Who/whoever, what/whatever/, which/whichever
Verb : kata kerja yang digunakan bisa berupa tiga jenis verb;
Verb aktiv : v1 s/es, v2, have/has/had + v3, dan tobe + v1ing.
Verb passive : tobe + v3
Verb Nominal : tobe + pelengkap ( adj/noun/adverb)
Jadi dalam pembuatan Noun Clause Pola 2 tidak perlu ada subjek setelah conjunction. berbeda dengan pola noun klaus pola 1 setelah conjunction diikuti dengan subjek dan conjunction pola 1 juga ada perbedaan. 

Fungsi dan Letak Noun clause 

1. Sebagai pengganti subjek nya verb , letak sebelum verb.

Whoever comes to my party must bring a gift.
What is said by you makes me hurt. 
Whatever is in your bag will be mine
Itulah beberapa contoh noun clause sebagai subjek dimana noun klause diletakkan sebelum kata kerja. anak kalimat selalu satu rangkaian dan dalam bahasa inggris anak kalimat selalu dianggap tunggal oleh karena itu verb inti kalimatnya harus cocok dengan subjeknya yang tunggal.
pembuatan noun clause bisa menggunakan penghubung yang sudah disebutkan diatas dan juga bisa menggunakan kata kerja aktif/passif atau nominal.
Noun Clause contoh 1 menggunakan kata kerja v1 s/es, dimana kata kerja tersebut bermakna aktif, contoh 2 menggunakan kata kerja pasif yaitu tobe dan v3, dan yang terakhir menggunakan kalimat nominal atau tak ada kegiatan sehingga cukup menggunakan kata kerja "Tobe".

2. Sebagai Pengganti Objek nya verb, letak tepat setelah verb

I know who will come here tomorrow.
I understand what was talked by you yesterday.
I really know which is yours.

3. Sebagai pengganti obeknya preposisi, letak setelah preposisi

I am afraid of what is in your bag
I am thinking about who will take my place in the meeting tomorrow.
I thank for who has given me money

Beberapa contoh diatas adalah fungsi fungsi Noun Clause didalam kalimat , kalian harus jeli dalam memperhatikan penempatan dan pembuatan Noun Clause pola 2 ini. untuk membuat kalian lebih paham, mari kita latihan soal.
I am thinking about ............ said by you yesterday.
a. what
b. what is
c. what was
d. he
Answer : C
Jawaban yang tepat untuk contoh diatas adalah C.
Perhatikan kalimatnya, ada dua kata kerja didalam kalimat tersebut, "am thinking dan said. ini menandakan ada dua kalimat, dan dua kalimat berarti ada Induk kalimat : S V dan Anak kalimat Conjunction s v / Conjunction V.
kata kerja "Said" seharusnya dijadikan anak kalimat agar, tidak ada dua verb dalam kalimat tersebut. C adalah jawaban yang tepat karena anak kalimat yang dibutuhkan adalah Noun Clause dengan pola yang mungkin adalah pola 2. jawaban b tidak tepat karena kata kerja tobe nya tidak cocok dengan keterangan waktu yesterday, maka jawaban yang tepat adalah c dengan tobe was, cocok dengan keterangan waktu lampau, yesterday.

Itulah penjelasan tentang Noun Clause Pola 2, dimana materi ini penting dalam soal Grammar baik soal bahasa inggris umum atau soal TOEFL. jika ada pertanyaan, silahkan tulis dikolom komentar.

Comments