Penjelasan Noun Clause pola 1

Noun Clause adalah materi yang cukup penting dalam soal bahasa inggris , baik soal TOEFL atau soal Grammar bahasa inggris lainnya. Noun clause termasuk dalam kategori anak kalimat atau Dependent Clause. Kemarin kita sudah belajar beberapa jenis Dependent Clause yaitu Adjective Clause dan Adverbial Clause. Materi kali ini kita belajar apa itu Noun Clause , Pola , Fungsi dan Penempatannya didalam kalimat.

Apa itu Noun Clause??

Noun Clause adalah anak kalimat pengganti subjek atau objek kalimat. jadi Noun Clause sama fungsinya dengan kata benda, karena Noun juga bisa terbuat dari hal lain, salah satunya adalah dari anak kalimat.

Pola Noun Clause

Bagaiamana membuat Noun Clause?? Cara membuat Noun Clause sama halnya dengan membuat anak kalimat adjective Clause, ada dua pola noun clause, kita belajar pola pertama dulu.

Pola 1: Conjunction S V

Conjunction yang di gunakan : What, Where, Why, How, When, If , Whether, that
Contoh ; 
Where you go bukan where do you go
untuk membuat anak kalimat, kalian harus memperhatikan rangakaiannya, minimal membuat anak kalimat harus ada tiga poin ; Conjunction Subjek dan Verb. dan kalimat setelah conjunction tidak boleh ditulis inverted atau terbalik. How you went bukan How did you go

Fungsi Noun Clause

1. Sebagai pengganti subjek , letakkan sebelum verb atau awal kalimat

Contoh ; That you do is not important. How you love me makes me crazy
perlu diketahui bahwa Noun Clause adalah rangakain minimal tiga hal : conjunction subjek dan verb. Noun Clause dikatakan sebagai kata benda tunggal, jadi verbnya juga harus cocok ya. jika pake tobe maka tobe yang digunakan adalah is atau was, dan v1 s/es. 

2. Sebagai Objek nya kata kerja, letakkan setelah kata kerja

Contoh; I know where you go . I don't understand why you come here
Cukup mudah bukan?? kalau kalian ingin lebih paham, silahkan praktek menulis dengan mengganti subjek dan objeknya dengan Noun Clause. pasti akan lebih mudah untuk memahami materi. untuk conjunction, kalian bisa ganti dengan yang lain sesuai kontek pembicaraan.

3. Sebagai Objek nya Preposisi, letakkan setelah preposisi ( kata depan ) in, at,on, of dll

Contoh; I think about where you go
About adalah preposisi, dimana sebuah preposisi selalu diikuti dengan sebuah kata benda sebagai objeknya. Noun clause memiliki fungsi yang sama dengan kata benda maka noun clause bisa dijadikan objeknya preposisi.
Note : Cara membuat Noun Clause atau anak kalimat tidak boleh dibalik ya. jadi kalian harus jeli untuk menjawab sebuah pertanyaan anak kalimat jika kebetulan soal yang diujikan adalah noun clause. 
Kalimat yang terbalik umumnya adalah kalimat tanya, dan kalimat tanya bukanlah anak kalimat melainkan induk kalimat. 
Pembuatan Noun Clasue bisa juga seperti contoh dibawah ini :
I don't know what I should do 
I don't know what to do
Kenapa noun clause bisa hanya dengan to v1?? dalam penulisan noun clause jika kalimat setelah conjunction mengekspresikan Saran, dan kebisaan ( should , can, could ) maka boleh disingkat dengan to v1. Perhatikan contoh ;
I don't know what i can do = I don't know what to do

Noun Clause sebagai objek juga bisa dengan penghubung "That"  seperti contoh dibawah ini ;
I think that John will come here
dan terkadang penghubung "that" bisa dihilangkan dalam "sepaking" menjadi seperti ini I think John will come here.

Ada beberapa "verb" yang diikuti dengan Conjunction"that" . dibawah ini adalah daftar kata kerja yang bisa diikuti dengan penghubung "that".
Agree that
Believe that
decide that
discover that
explain that
feel that
find out that
hope that
think that
know that
say that
tell that
understand that
promise that
hear that
forget that
learn that
notice that
Contoh kalimat : I agree that you get out from here
Itulah materi Noun Clause Pola pertama dan saya harap kalian memahami materi ini. jangan lupa kalian bisa buka modul yang berjudul Noun Clause 

Comments