Materi Grammar tentang Clause ; Independent dan Dependent Clause

Apa itu Independent dan Dependent Clause??

Hello, Saya akan mengulas materi tentang Clause. Materi Clause ini sangat penting untuk membuat kalimat lebih dari satu atau multiple sentence. Clause sering juga disebut sentence, dalam bahasa indonesia kita menyebut dengan Kalimat. Apa itu Independent dan Dependent cluase yang sering muncul dalam soal Grammar Umum maupun soal structure TOEFL, Bagaimana Perbedaan keduanya dan Bagaimana cara membuatnya?? mari kita pelajari materi Clause ini.
Clause terbagai menjadi dua; Independent Clause dan Dependent Clause  
Baca Juga : Strategi meraih skor TOEFL diatas 500

Independent Clause

Adalah Kalimat yang bisa berdiri sendiri karena sudah memenuhi kriteria kalimat. Independent clause juga disebut induk kalimat atau kalimat sejati.
Pola : S + V
Contoh : John Learns Independent and Dependent Clause.
John is happy
A book is taken by me
Contoh diatas adalah independent clause, karena telah memiliki kriteria pembuatan kalimat yang berdiri sendiri. yaitu ada Subjek dan Verb. Kalimat yang sudah memiliki unsur s dan v bisa dikatakan sebagai Independent cluase , untuk kalimat nya bisa berupa kalimat verbal aktif/pasif dan juga bisa kalimat nominal. selama kalimat itu berpola s dan verb, maka dikatakan kalimat yang sudah bisa berdiri sendiri.
contoh lain :
I dont study english
She is not happy
Where do you go??
Contoh diatas juga merupakan independent cluase walupun kalimatnya berupa kalimat negative dan interogative. contoh diatas sudah memenuhi unsur s dan verb ,hanya saja verb tersebut dibentuk negative dan dibentuk kalimat tanya.
Baca juga : Cara daftar Tes TOEFL resmi

Dependent Clause

Adalah Kalimat yang belum bisa berdiri sendiri, jika ingin menjadi kalimat sejati harus digabungkan dengan Independent clause. Dependent clause juga bisa disebut anak kalimat. so, kalau ingin jadi kalimat ya harus ada induknya.
Pola: Conjunction S V atau Conj V
Contoh: Where you go, Who comes here
Baca juga : Jenis Jenis Tes TOEFL

Jenis Dependent Clause Ada Tiga

  • Adverbial Clause
  • Adjective Clause
  • Noun Clause
bagaiamana menggabungkan dependent clause dengan independent clause. untuk penggabungannya anda bisa menjadika dependent clause menjadi salah satu bagian dalam kalimat. bisa dijadikan keterangan ( Adverb ), Penjelas Subjek/Objek , dan Pengganti Subjek atau Objek.
Baca juga : Modul TOEFL Grammar Lengkap 

Cara menggabungkan dependent Clause

  • I learn TOEFL when my father comes
  • The man whom i see here is really handsome
  • That you do is not important for me
Kalimat yang saya garis bawah merupakan dependent clause 
contoh pertama adalah adverbial cluase, cara menggabungkan kalimat nya cukup buat kalimat induk terlebih dahulu setelah nya sambungkan adverbial clausenya dibelakang objek induk kalimat.
Contoh kedua yang saya garis bawah adalah adjective clause, cara penggabungannya cukup letakkan setelah subjek atau objek kalimat, jadi anda buat dulu induk kalimatnya dlu, setelah itu letakkan atau sisipkan adjective clausenya setelah subjek atau objek.
Contoh ketiga yang saya garis bawah adalah Noun clause, cara menggabungkan kalimat nya sedikit berbeda karena noun clause adalah anak kalimat pengganti subjek dan objek, maka kalian cukup buat kalimat yang hanya ada verb dan objek saja dulu ( .............. is not important ). terus biar menjadi lengkap, subjek nya gunakan noun cluase. seperti contoh ketiga.  mempelajari Clause memang butuh waktu dan konsentrasi khusus, saya akan membuat materi khsus yang mengulas tentang dependent clause di potingan berikutnya.
Jadi kesimpulan materi Independent dan Dependent Clause adalah kalimat yang bisa berdiri sendiri dan kalimat yang tidak bisa berdiri sendiri. pembuatan independent clause sama halnya membuat kalimat pada umumnya yang sudah kita ketahui yaitu merangkai kata berpola s dan v, sedang dependent clause adalah anak kalimat yang tidak bisa berdiri sendiri, perlu induk kalimat agar bisa menjadi kalimat sejati. caranya bisa menjadi salah satu bagian didalam kalimat seperti menjadi adverb, penjelas subjek/objek, dan pengganti subjek dan objek kalimat.
Sekian materi tentang dua Clause ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda. silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan.

Comments