Penjelasan Appositive beserta contoh dan lokasinya didalam kalimat

Materi Appositive dalam soal Bahasa Inggris khususnya pada Tes TOEFL seringkali muncul dan kadang membingungkan jika belum mengetahuinya. artikel ini akan membahas materi Appositive Bahasa Inggris meliputi penjelasan singkat, contoh dan penempatannya didalam kalimat. untuk mempermudah kalian memahami materi ini, silahkan cek buku modul TOEFL bab Appositive dan jika belum memiliki modulnya, silahkan download modul TOEFL structure lengkap secara gratis di artikel sebelumnya tentang Modul TOEFL Structure and Written
Materi yang saya bagiakan melaui Blog 99toefl sangatlah mudah untuk diikuti , jadi pastikan kalian selalu cek artikel artikel sebelumnya karena materi TOEFL di blog ini sudah di setting dari dasar sampai level sulit. kalian bisa melihat lesson plans kursus TOEFL di post sebelumnya agar bisa mengikuti materi secara lengkap.
Lihat Juga : Jenis dan Perbedaan Tes TOEFL

Pengertian Appositive 

Appositive adalah Informasi tambahan untuk subjek, agar subjek tersebut lebih jelas dan mudah dipahami. kenapa subjek kadang ditambahkan Appositive, menurut saya karena agar subjek terkesan lebih bagus dan informasi nya lebih jelas. 

Syarat Appositive 

Appositive harus menggunakan kata benda atau phrase benda atau juga bisa dikombinasikan dengan prepositional phrase. Intinya Appositive harus menggunakan kata benda y guys dan maknanya sebagai tambahan subjeknya.
Phrase itu apa?? Phrase itu rangakaian kata , tapi yang dipakai itu phrase benda ya, phrase benda itu rangakain kata sifat plus kata benda. ini contoh phrase an excellent basket ball player.
Apposistive juga bisa dikombinasikan dengan prepotional phrase ( Keterangan ) ini contohnya ; an exellent basket ball player in my class.
Lihat juga : Soal yang diujikan dalam tes TOEFL

Penempatan Appositive

Penempatan appositive didalam kalimat tidak jauh dari subjek, bisa sebelum atau setelah subjek.
Penulisan appositive ditandai dengan komma , bisa dua koma atau satu komma tergantung letaknya.

  •  Sebelum subjek ;  .................., S V 
kalau penempatan sebelum subjek maka harus dipisahkan dengan satu koma , silahkan lihat formatnya.
Contoh: My friend, John will go to school. An excellent basketball player, Tina is really cute.

  • Setelah subjek; S , .............., V 
Berbeda kalau Appositive diletakkan setelah subjek , maka Appositivenya diapit oleh dua komma.
Contoh : John, my friend, is really handsome. Mr. Joko Widodo, A president of Indonesia, lives in jakarta. 
Bagaiaman?? mudah kan untuk mengetahui Appositive, kalian tinggal fokus pada penulisannya, satu komma atau dua komma, dan sebagai catatan, appositive harus mengguanakan kata benda atau Phrase benda ya guys. Soal Appositive kadang muncul dinomor nomor awal baik di soal TOEFL Structure maupun Soal TBI STAN. jadi harus hati2 ya, jangan sampai terkecoh dengan soal Appositive yang sebenernya sangatlah mudah.
Penjelasan tentang materi Appositive beserta contohnya sudah saya share ya, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan yang lebih dalam materi grammar khusushnya TOEFL. kalau ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. jangan lupa ya cek artikel lain yang berkaitan dengan lesson plans kursus jadi kalian bisa belajar TOEFL secara mandiri!!

Comments