Jenis Jenis Tes TOEFL

Mengenal Jenis jenis Tes TOEFL

TOEFL adalah tes untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris orang yang bahasa aslinya bukan bahasa inggris. Banyak sekali orang yang sudah mengikuti tes TOEFL untuk kepentingan tertentu, dan ini membuktikan TOEFL memiliki kegunaan yang cukup penting. tapi tahukah kalian TOEFL juga memiliki beberapa format atau Jenis tes. Apa saja Jenis Jenis TOEFL dan perbedaanya??

TOEFL ITP

TOEFL ITP  atau Institutional Testing Program adalah salah satu tes TOEFL untuk persyaratan tertentu yang kegunaannya hanya untuk Institusi tertentu dan ruang lingkupnya tidak seluas TOEFL IBT, CBT, dan PBT. Umumnya kategori TOEFL ITP digunakan untuk syarat melamar Beasiswa lokal dan juga untuk persyaratan sekolah ke jenjang S2 atau S3. Namun demikian, Jenis Tes TOEFL ITP juga termasuk tes TOEFL resmi yang dikeluarkan oleh ETS. Cara pendaftaran TOEFL ITP juga cukup mudah dengan biaya yang lebih terjangkau daripada Tes PBT dan IBT. 
Soal yang diujikan meliputi : Listening, Structure and Written , dan Reading. Skor maksimal adalah 667.

TOEFL PBT

Adalah tes menggunakan media kertas dimana peserta mengerjakan soal tes dengan menggunakan media klasik seperti kita dulu Ujian Nasional. TOEFL PBT ( Paper Based TOEFL )  sama fungsinya dengan TOEFL ITP namun jenis ini lebih luas dan bisa digunakan untuk persyaratan kerja atau kuliah di luar negeri. biaya yang dikeluarkan untuk tes ini cukup mahal dibanding toefl itp dan kalian akan mendapatkan tambahan soal lagi yaitu Writing. untuk skor minimal 310 dan maksimal 677.

TOEFL CBT 

Adalah tes TOEFL menggunakan media Komputer. kalian akan mendapatkan soal tes didalam aplikasi yang terpasang didalam komputer, tugas anda hanyalah menjawab dengan memilih salah satu jawaban. kemampuan yang diujikan meliputi; Listening, Structure and Written, Reading, dan Writing. sebenarnya mirip dengan PBT namun berbeda media saja. Skor CBT dimulai dari 0 - 300.

TOEFL IBT

Internet Based TOEFL adalah tes menggunakan media Internet, jadi anda mengerjakan soal dengan komputer yang terkoneksi ke Internet, anda akan diuji beberapa kemampuan bahasa inggris yang lebih lengkap yaitu; Listening , Speaking, Writing, dan Reading. perlu dicatat bahwa tes Listening sedikit berbeda dengan kategori tes lainnya karena untuk Listening tes TOEFL IBT adalah ceramah singkat ( Talk ). untuk biaya juga lumayan mahal sekitar 200 dollar, 2 juta mengikuti kurs dollar yang berlaku.
jadi untuk biaya bisa berubah2 sesuai kurs dollar pada saat itu. penggunaan sertifikat IBT lebih luas, bisa digunakan didalam negeri maupun luar negeri. skor minimum TOEFL IBT adalah 0 - 120. sangat sulit bagi kita untuk mendapat skor TOEFL bagus jika tidak belajar terlebih dahulu. 
Blog 99 TOEFL memberikan Informasi seputar TOEFL dan Bahasa Inggris lainnya yang bisa diakses secara gratis, dan kalian bisa belajar TOEFL dari dasar dengan Lesson Plan kursus serta buku modul yang bisa didapatkan secara gratis.
Itulah penjelasan tentang Jenis Jenis Tes TOEFL sehingga kalian dapat mengetahui gambaran tentang TOEFL sehingga kalian nanti bisa meraih skor yang bagus, namun jika bingung belajar TOEFL, ikuti Blog ini dan baca strategi bagaimana mendapat skor TOEFL bagus.
Sekian semoga bisa bermanfaat.

Comments