Soal yang diujikan dalam tes TOEFL

Mengenal Soal yang diujikan dalam tes TOEFL 

Hello!! Materi kali ini kita akan membahas Soal yang diujikan dalam tes TOEFL, materi sekarang memberikan pengenalan tentang apa saja yang diujikan dalam tes, diharapkan materi kali ini membantu anda mengenal lebih jauh tentang tes TOEFL, sehingga pendalaman materi berikutnya akan lebih mudah jadi simak artikel berikut dengan baik. Jangan lupa untuk berbagai informasi dengan teman kalian jika dirasa artikel berikut bermanfaat.  jangan lupa cek lesson plan kursus toefl online ya, agar mater kedepannya lebih terarah dan lebih mudah memahami materi.
soal yang diujikan dalam toefl

Apa saja soal yang diujikan dalam tes TOEFL?? 

Tes TOEFL berlangsung kurang lebih 120 menit untuk keseluruhan soal yang diujikan, soal soal yang di ujikan meliputi : Soal Listening, Grammar ( Structure & Written ), dan Reading. Ketiga sesi diujikan bergantian sesuai urutan sesinya. Nah untuk lebih jelas kita akan mengenal satu persatu sesi soal yang diujikan.
Lihat Juga : Materi Appositive TOEFL

Listening 

Listening diujikan di sesi pertama dalam tes TOEFL, Soal listening berjumlah 50 soal, dan di kerjakan dengan waktu kurang lebih 25 menit. Untuk soal listening tugas kalian adalah menjawab pertanyaan seputar percakapan yang diperdengarkan. Tes Listening ini mengiji pemahaman anda dalam mendengar percakapan Bahasa Inggris. Untuk soal listening nanti dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : 

Part A ( Short Conversation ) 

Short conversation merupakan percakapan pendek anatara dua orang ( Laki-laki dan perempuan ) Percakapan pendek umumnya dimulai dari nomo1 sampai dengan nomor 30, percakapan hanya diperdengarkan 1 kali tanpa diulang. Sebelum anda mengerjakan soal listening, sebelumnya kalian akan mendengar petunjuk dan contoh mengerjakan soal listening, dan ketika soal listening Part A sudah selesai anda akan mendapatkan intruksi untuk masuk ke bagian selanjutnya yaitu Part B ( Long Conversation ). Berikut ini contoh Listening Part A : 
Man : Are you free tonight? 
Woman : I’m Sorry, I have something to do 
Narrator : What does the woman mean? 
Lihat Juga : Materi Present Participle

Contoh soal listening diatas adalah contoh percakapan pendek anatar dua orang, percakapan yang pertaman bisa disebut first line, dan percakapan kedua disebut second line, umumnya soal menayakan perkataan orang yang ke 2 yaitu second lain, jadi berhati-hatilah dalam mendengarkan percakapan pada bagian second line. Setelah mendengarkan percakpan, kalian akan mendengar orang ketiga yaitu Narrator, dia bertugas membacakan pertanyaan setelah percakapan dua orang selesai. Perlu di ingat seluruh percakapan dan pertanyaan dalam sesi listening tidak ada yang di print out dalam lembar soal, oleh sebab itu kalian harus betul- betul berkosentrasi ketika mendengarkan percakapan dan pertanyaan dalam listening Part A. 

Listening Part B 

Listening Part B adalah percakapan panjang antara dua orang, setelah percakapan selesai anda akan mendengarkan Narrator yang memberikan pertanyaan berurutan, umumnya satu percakapan untuk ¾ pertanyaan. Listening Part B dimulai dari nomor 30 sd 40, dan sebelum mendengarkan percakapan anda akan mendapatkan intruksi dari Narrator untuk mendengarkan percakapan sekaligus memberitahukan percakapan tersebut untuk berapa pertanyaan. Contoh Percakapan Part B bisa kalian perhatikan pada gambar berikut ini : 
Part B berakhir, dan aka nada intruksi untuk beralih ke listening bagian yang terakhir yaitu Part C.
Lihat Juga : Materi Past Participle

Listening Part C ( Talk ) 

Listening Part C tergolong sulit karena kalian akan mendengarkan satu orang berceramah dengan topic tertentu ( Kesehatan, Science, Ekonomi ).Listening Part C hanya ada satu orang yang berbicara setelahnya kalian akan mendapatkan beberapa pertanyaan setelah topic yang dibicarakan usai. Ceramah ini akan sangat sulit bagi pemula dalam mengetahui isi dari ceramah, karena yang pertama adalah topic yang tidak diketahui, dan kedua adalah sulitnya mendapatkan meaning dari ceramah dikarenakan kosakata yang minim. Selain itu pengucapan bahasa inggris penceramah juga membingungkan karena penceramah sudah menggunakan pengucapan yang lancer. Oleh karena itu, kalian harus terbiasa dengan percakapan bahasa inggris agar mempermudah mengetahui topic yang disampaikan melaui ceramah bahasa inggris. Itulah sesi soal pertama yang diujikan dalam tes TOEFL yaitu Listening. Listening akan mudah jika kalian melatih kecakapan listening dengan terbiasa dengan mendengarkan percakapan bahasa inggris. Berikutnya Sesi soal yang diujikan setelah Listening adalah bagian Grammar.
Lihat Juga : Strategi Soal TOEFL Grammar Structure

Sesi Grammar 

Sesi kedua adalah Grammar, soal grammar menguji kecakapan anda dalam menganalisa tata bahasa inggris dengan memberikan dua jenis tipe soal grammar ( Struktur dan Written ). Jumlah soal keseluruhan adalah 40 soal dengan alokasi waktu mengerjakan 25 menit untuk seluruh soal. 

Struktur 

Bagian struktur adalah bagian awal dalam kategori tatabahasa inggris, untuk bagian ini soal berjumalah 15, dimulai dari soal 1-15. Untuk soal structure tugas kalian adalah melengkapi kalimat yang kurang lengkap, dengan berpedoman pada pola kalimat SPOK. Bagian awal 1-5 adalah bagian yang mudah, dan Bagian akhir 11-15 adalah bagian sulit. Pada sesi Grammar. 
Contoh Soal Structure : Rani ____ happy here with me. 

Written Expressions 

Soal written dimulai dari soal nomor 16 sd 40, jumlah soalnya adalah 25. Tugas kalian dalam sesi ini adalah mencari satu grup kata yang salah dalam penggunaannya pada masing-masing grup kata diberi tanda ( A,B,C,D ). Soal nomor 16 sd 20 adalah bagian mudah dan 36 sd 40 bagian sulit. Mengerjakan soal Grammar membutuhkan pendalaman materi yang bagus akan tatabahasa, untuk bisa mengerjakan soal sesi kedua ini kalian dapat mempelajari materi TOEFL di Blog Kursus 99 TOEFL . Setelah Sesi yang ke 2 berkahir anda menuju bagian yang ketiga yaitu Reading ( Bacaan ) 

Reading 

Sesi yang ketiga adalah sesi Reading, dimana sesi Reading menguji kalian akan pemahaman suatu bacaan dengan topic tertentu, Soal pada sesi reading berjumlah 50 dengan alokasi waktu pengerjaan selama 55 menit. Soal reading menguji kalian akan banyak hal diantaranya :
Topik, Kosakata, Statement yang disebutkan/tidak, kata ganti, makan tersirat dan tersurat. Satu topic bacaan diikuti dengan beberapa pertanyaan umumnya 1 bacaan reading akan diikuti lebih dari 5 pertanyaan mengikuti. Soal reading memiliki jumlah poin yang lebih sedikit disbanding dengan 2 sesi yang lain; Listening dan Grammar. Kalian harus memiliki target soal betul dalam sesi ini minimalnya tidak kurang dari 25 soal betul. Untuk mendapatkan poin yang tinggi dalam reading, tentunya kalian harus memiliki banyak kosakata dan juga terbiasa dengan bacaan. Oleh karena itu, simak blog Kursus Online untuk Tips dan Trik mengerjakan soal TOEFL dengan mudah. Kesimpulan dari artikel kita kali ini adalah soal yang diujikan dalam tes TOEFL ada 3 kategori soal; Sesi pertama adalah Listening, Kedua adalah Grammar, dan yang terakhir dalah Reading. Sekian materi kali ini, sampai berjumpa pada materi berikutnya. Jangan lupa membaca bagian awal materi agar lebih mudah memahami materi-materi berikutnya.

Comments