Pengantar materi Struktur TOEFL

Materi Dasar Soal Structure

Soal structure adalah soal pada sesi yang kedua setelah sesi Listening,  pada bagian Grammar soal terbagi menjadi 2 bagian; Structure dan Written. Sebelum kita belajar lebih jauh pada materi structure, kita akan belajar materi dasar pengenalan soal structure dan apa saja materi pengantar sebelum belajar ke soal. namun kalian juga harus mengetahui dulu penjelasan tentang TOEFL agar materi yang akan dipelajari terasa mudah, cek materi materi sebelumnya seperti Soal yang diujikan dalam tes TOEFL serta Lesson Plans yang dipelajari dalam Kursus TOEFL Online.

1. Mengetahui jumlah soal structure

Soal structure berjumlah 15 soal, yang merupakan soal kalimat tidak lengkap, untuk soal structure ada bagian yang mudah dan sulit, untuk nomor yang mudah dikerjakan dimulai dari nomor 1 sampai dengan nomor 5. Umumnya soal soal awal menguji kita untuk melengkapi subjek dan predikat kalimat. jadi, harus hati-hati ketika awal soal, bagian awal adalah bagian yang mudah. untuk bagian yang sulit, soal ditemukan di nomor 11 sampai dengan 15, kadang bagian ini menguji anak kalimat dan inverted kalimat. hati-hati dan teliti dalam mengerjakan pada soal di nomor 11 - 15.

2. mengetahui tugas dalam mengerjakan soal structure 

Seperti yang sudah di jelaskan di bagian awal materi yaitu Soal yang diujikan dalam tes TOEFL , Tugas dalam sesi Struktur adalah melengkapi kalimat agar kalimat tersebut lengkap dan tepat sesuai dengan aturan pembuatan kalimat yaitu SPOK. untuk skill mengerjakan pada bagian struktur akan dibahas di materi selanjutnya.

3. mengetahui pola kalimat

Tugas kalian adalah melengkapi kalimat, jadi kita harus mengetahui bagaimana kalimat itu bisa dibentuk. caranya dengan menyusun kata, dengan pola SPOK. simple kan? namun kadang kalimat yang diujikan tidak sekedar kalimat sederhana, melainkan kalimat majemuk ataupun kalimat komplek. sebelum membahas hal demikian pola dasar membuat kalimat juga harus betul-betul dipahami. sekarang kita belajar bagaimana membuat pola kalimat.

Baca Juga : Materi Object of Preposition 

Pola kalimat dasar :

SPOK : Rani eats an apple in the kitchen
SPK : I sit in the chair
Perhatikan Kata setelah predikat pada dua kalimat diatas. kalimat pertama kata kerjanya memiliki objek, sedangkan kalimat kedua, kata kerjanya tidak memiliki objek. jika kata kerja memiliki objek ciri-cirinya kata kerja tersebut diikuti dengan kata benda, pada kalimat pertama, kata kerjanya diikuti kata benda "an apple" ini menandakan kata kerja pada kalimat pertama memiliki objek. sekarang pada kalimat kedua kata kerjanya diikuti sebuah keterangan tempat yaitu diatas kursi, ini menandakan kalimat kedua kata kerjanya tidak memiliki objek.
Kenapa kata kerja ada yang memiliki objek ada yang tidak?
Kata kerja bisa memiliki objek atau tidak tergantung dari jenis kata kerja yang digunakan, kata kerja menentukan kalimat akan memiliki objek atau tidak. 

Jenis kata kerja

Kata kerja Transitive adalah kata kerja yang memiliki objek, oleh karenanya setelah kata kerja transitive akan diikuti dengan dengan objek, dan syarat objek harus terbuat dari kata benda. karena kata kerja yang digunakan berjenis transitive maka pola kalimatnya menjadi S + Vtransitive + Objek + K
Contoh penggunaan dalam kalimat I am writing a letter now
Kata kerja Intransitive adalah kata kerja yang tidak memiliki objek, ketika kata kerja intransitive digunakan dalam kalimat maka pola kalimatnya menjadi S + V Intransitive + K
Contoh penggunaan dalam kalimat I cry sadly. Cry adalah kata kerja intransitive, oleh karena itu kata kerja tersebut tidak diikuti objek melainkan keterangan, di kalimat tersebut sadly adalah keterangan yang bermakna cara, ciri-ciri keterangan katanya berakhiran dengan "ly".

Bagaimana cara membedakan kata kerja transitive dengan kata kerja intransitive?? 

Kata kerja sangatlah banyak, mustahil kita menghafal kata yang sangat banyak tersebut hanya dalam waktu yang singkat, oleh karena itu, kita belajar trik untuk membedakan kata kerja tersebut berjenis transitive atau intransitive:
Verb Transitive bisa diidentifikasi dengan melihat kata setelahnya, jika ada kata benda setelah kata kerja tersebut berarti itu kata kerja transitive. cara yang lain dengan memberikan pertanyaa who/what ( Apa dan Siapa)
Misal ada kata kerja Makan, identifikasi dengan pertanyaan Apa/Siapa; Makan apa?? jawbanya Makan apel . Saya makan apel/ saya makan apa??
Verb Intransitive bisa diidentifikasi dengan melihat kata setelahnya, jika tidak diikuti kata benda ( Prepositional Phrase, adverb) maka kata kerja tersebut adalah kata kerja Intransitive. Cara lain dengan memberikan pertanyaan ( When, Where, Why, How ).
Misal ada kata kerja duduk, Identifikasi dengan pertanyaan salah satu yang tadi disebutkan, Duduk dimana??, duduknya kapan? Jawabannya Saya duduk di atas kursi / Saya duduk dimana??
Bagaimana kalau kata kerja intransitive diberikan pertanyaan what/who, pasti akan aneh, coba perhatikan, duduk apa? duduk siapa?? hehe 
Baca juga : Penggunaan kata benda ( Noun )

4. mengetahui jenis kalimat

Mengetahui jenis kalimat juga penting karena nanti akan mempengaruhi pola kalimat yang digunakan.

Jenis kalimat terbagi menjadi :

Kalimat verbal
Kalimat verbal adalah kalimat yang memiliki kegiatan. contohnya makan, tidur,menulis dll. kalimat verbal memiliki dua jenis makna; 
makna aktiv yaitu subjeknya yang melakukan kegiatan. Budi makan apel
makna pasiv yaitu subjeknya dikenai kegiatan. Apel dimakan budi
pada dua contoh kalimat diatas, sama-sama memiliki kegiatan makan, namun meaningnya berbeda
Kalimat nominal
Kalimat nominal adalah kalimat yang tidak ada kegiatannya ( action )/ kalimat yang subjeknya tidak melakukan kegiatan. Saya senang, Ini buku, Saya dirumah dll.
Note : Ketika kalimat jenisnya berbeda, maka kata kerja yang digunakan juga akan berbeda
Aktiv : I eat an apple
Pasiv : An apple is eaten by me
Nominal : I am happy
Untuk lebih jelasnya anda dapat mendownload rumus jenis -jenis kalimat

5. mengetahui penggunaan kata kerja pada jenis kalimat

Kata kerja dalam bahasa inggris digunakan sesuai dengan tenses yang ingin di pake, kata kerja ada beberapa jenis :
Kata kerja dasar/ Main verb : go
Kata kerja s/es/ present verb : goes
Kata kerja v2/Past verb: went
Kata kerja v3/Past participle : gone
Kata kerja v1ing/present participle : going
untuk lebih jelasnya tenses akan dipelajari dalam materi tersendiri.

6. mengetahui kelas kata/bahan membuat kalimat

Materi kelas kata atau Part of Speech sangat penting, karena kita akan mengetahui bagaimana sebuah subjek predikat, objek dan keterangan terbentuk, jadi kita akan belajar lebih mendalam tentang part of speech pada artikel selanjutnya.

7. Mengetahui fungsi dari bahan untuk membuat kalimat

Setelah mengetahui bahan membuat kalimat, maka hal yang selanjutnya diketahui adalah fungsi atau kegunaan dari bahan bahan tersebut dalam membangun kalimat lengkap.

8. berlatih membuat kalimat sederhana

Cara membuat kalimat sederhana dengan pola simple 
S + V1 : I go
S + v2 : I went
S + tobe + pelengkap : I am happy

Sekian materi pengantar sebelum masuk ke materi structure toefl, jangan lupa share ke teman-teman kalian jika artikel dalam blog kursus toefl online bermanfaat untuk anda.

Comments